Entrepreneur Development Scholarship for Youth (ENVOY)

MRUF ENVOY adalah Program beasiswa bagi mahasiswa jenjang S1 yang sedang menjalankan unit usaha.

mruf envoy tranparan polos

Selain beasiswa, para mahasiswa juga mendapatkan Training, Coaching, konsultasi bisnis dan fasilitasi pameran dalam merealisasikan dan mengembangkan unit usahanya. Tujuan dari program ini adalah agar mahasiswa yang berasal dari keluarga berpendapatan rendah mampu mandiri dalam menamatkan kuliahnya, serta dapat memperbaiki kondisi keluarga dengan berwirausaha.

Dalam program ENVOY, para penerima beasiswa mendapatkan tiga kali training dengan tema berbeda. Dimulai dari training dengan tema pengenalan diri dengan bidang usaha yang diminati (Knowing My Self – My Business My Passion), dilanjutkan dengan tema pengenalan lebih mendalam dalam bidang bisnis mahasiswa (Knowing My Business – Business Model, Marketing and Financial Report), terakhir dengan tema bagaimana cara meningkatkan penjualan pada bisnis mahasiswa (Growing My Business – Sales Booster).

Selain tiga training wajib tersebut, program ENVOY juga memberikan materi training tambahan terkait Self Leadership, Team Building sampai dengan materi Etika Membawakan Diri Bagi Pengusaha yang dibawakan oleh Ibu Mien R. Uno serta Etika Bisnis oleh Bapak Indra Uno.

foto program ENVOY

Training ini akan menjadi pondasi awal para mahasiswa untuk belajar memiliki bisnis yang lebih terencana dan implementasi bisnis yang baik. Training yang diberikan menggunakan metode bermacam-macam sehingga lebih mudah dipahami oleh para mahasiswa. Selain training, ENVOY juga memfasilitasi para penerima beasiswa dengan kegiatan business coaching oleh coach yang berasal dari berbagai daerah (saat ini coach berada di Bandung, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta) dan memiliki latar belakang bisnis dan pengetahuan wirausaha yang luas. Business Coaching merupakan proses berkesinambungan untuk mengembangkan bisnis, mengawasi kinerja dan mendorong para mahasiswa untuk bertanggung jawab terhadap pelaksanaan rencana bisnis yang telah ditetapkan, serta mampu mengambil keputusan secara berbeda agar bisnis dapat mencapai profit dan mengembangkan sustainability seperti yang diinginkan secara personal (one-on-one coaching). Business coaching diberikan dari tiga sampai delapan sesi per tahun kepada mahasiswa.

Selain training dan coaching, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan fasilitasi pameran di Jakarta dan pameran lokal di kota masing-masing. Pameran ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan penjualan, menciptakan brand awareness pada usaha mereka, memperluas networking serta mengasah kemampuan teamwork dalam manajemen pameran. Mahasiswa ENVOY juga diharapkan dapat belajar mengenai bagaimana harus berpenampilan rapi ketika menjaga stand sampai cara pitching yang baik agar pengunjung tertarik dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan baik sebagai konsumen, reseller, mitra, maupun investor.

Program ENVOY ini terus dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan. Sampai tahun 2016, program ENVOY sudah sampai angkatan ke-delapan, yang tersebar di beberapa kota, yaitu Jabodetabek, Padang, Bandung, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Mien R. Uno Foundation terus berupaya untuk memperluas jangkauan wilayah rekrutmen agar lebih banyak lagi mahasiswa di daerah Indonesia lainnya mendapatkan akses pendidikan kewirausahaan. Semakin banyaknya individu yang siap memulai bisnis sendiri pun menjadi langkah awal menciptakan masyarakat  Indonesia yang mandiri.

“If you don’t build your dreams someone will hire you to build theirs” (Tony Gaskins Jr.)

Comments