Kenali Bisnismu di Training 2 MRUF ENVOY VIII

dscn2320Trainingg MRUF ENVOY VIII kembali hadir dengan tema Knowing My Business: Business Model, Marketing, and Finance. Berlangsung pada tanggal 20-26 November 2016 di Edu Hostel, Yogyakarta. Para mahasiswa MRUF ENVOY VIII diberikan pembekalan terkait model bisnis, skill marketing, serta pengetahuan dasar keuangan. Rangkaian training 2 ini diisi oleh para trainer professional seperti Bapak Ari Handojo, Bapak Chandra Wijayangka, dan Ibu Esthetika Wulandari.

Pada training 2 ini, para mahasiswa bekerja sama secara kelompok dan belajar melakukan marketing research yang nantinya akan berguna untuk menyusun strategi marketing untuk produk. Selain itu, mereka juga belajar mengenai pengetahuan dasar dalam menejemen keuangan bisnis. Rangkaian training diikuti dengan antusias yang tinggi oleh para mahasiswa. “Training kedua adalah sebuah koreksi bagi bisnis saya untuk selangkah lebih baik. Setidaknya lewat perbaikan pola pencatatan keuangan dan strategi pemasaran yang cocok saya mulai tersadarkan. Titik balik ini akan saya pertahankan demi kemajuan usaha saya.” Tutur Elsen pemilik bisnis El-Design.

dscn2381Setelah rangkaian training selesai, dilanjutkan dengan company visit ke Balu Oto work, Oriflakes, serta Dowa Bag. Melalui company visit ini, para mahasiswa melihat potensi besar dari home industry. Mereka belajar bahwa diperlukan kegigihan dan semangat pantang menyerah agar mampu menyulap bisnis rumahan menjadi bisnis yang lebih besar. Barkah pemilik bukubro menyatakan bahwa dia merasa sangat terinspirasi dan terdorong untuk terus mengembangkan bisnisnya setelah melihat industri-industri tersebut.

Para mahasiswa MRUF ENVOY VIII mengaku belajar banyak mengenai manajemen bisnis dan merasa perlu banyak melakukan evaluasi agar bisnis menjadi lebih tertata. Maka dari itu, MRUF kembali meminta para mahasiswa binaan untuk membuat KPI layaknya pada training sebelumnya. KPI ini berisikan target-target individu dan bisnis yang ingin mereka capai. Jika target tersebut berhasil diraih mereka akan mendapatkan award dan sebaliknya jika tidak tercapai mereka akan menerima konsekuensi. Penerapan sistem ini agar para mahasiswa semakin bersemangat untuk mencapai target tersebut.

Comments

You may also like these posts
Menebar Manfaat melalui Bisnis PercetakanMelihat Langsung Usaha Pengembangan Industri kreatif di Rumah Batik TBIG