Mien R. Uno Foundation Fasilitasi Tujuh Mahasiswa Pelaku Industri Agribisnis dalam 11th Agrinex Expo

Mien R. Uno Foundation kembali berpartisipasi dalam 11th Agrinex Expo, yang berlangsung pada 31 Maret – 2 April 2017, bertempat di Jakarta Convention Center. Pameran ini merupakan pameran agri bisnis terbesar di Indonesia, yang diikuti oleh berbagai pelaku industri agri bisnis lokal dari berbagai daerah. Pada kesempatan kali ini, MRUF memberikan fasilitas kepada enam mahasiswa ENVOY VIII dan satu alumni ENVOY terpilih yang berasal dari Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya yang memiliki latar belakang usaha dibidang agri bisnis dan turunannya, untuk memamerkan dan memasarkan produk mereka.

Keterlibatan tujuh mahasiswa MRUF ENVOY dalam Agrinex Expo ini adalah bentuk komitmen MRUF dalam mendukung perkembangan bisnis mahasiswa MRUF ENVOY, khususnya dalam hal networking dan perluasan pasar. Tidak hanya itu, pameran ini juga menjadi sarana bagi mahasiswa ENVOY untuk berlatih team work, marketing, komunikasi, hingga management pameran. Mien R. Uno Foundation berharap, pameran ini dapat menjadi sarana belajar yang nyata dan aplikatif bagi perkembangan bisnis mahasiswa MRUF ENVOY.

Ketua Yayasan MRUF, Indra C. Uno menyatakan “Pameran ini sebagai wadah mahasiswa ENVOY untuk mengaplikasikan ilmu bisnis yang didapatkan selama training. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan pameran ini untuk benchmarking bisnis dan produk mereka, memperluas network dan pasar, sekaligus menjadi sarana pembelajaran dalam hal team work dan management penjualan.

Beragam produk unggulan mahasiswa seperti aneka kerajinan kulit, batik dan fashion dengan pewarnaan alam indigo, burung paruh bengkok terlatih, bantal custom dengan beragam bentuk dan fungsi, yogurt aneka rasa, hingga jasa catering nyatanya berhasil menarik minat para pengunjung pameran. Tak heran jika selama tiga hari ini, booth MRUF selalu dipenuhi pengunjung, baik untuk membeli produk mahasiswa, maupun untuk melakukan kerjasama bisnis kedepannya.

“Aku gak nyangka banget kalo booth kita akan rame terus. Khusus untuk produk ku, rasanya puas banget bahwa ternyata antusiasme pengunjung terhadap batik dan fashion dengan pewarnaan alami indigo ini begitu tinggi. Alhadulillah, banyak sekali produk yang terjual. Beberapa bahkan ada yang repeat order. Bahkan aku juga ditawarkan untuk kerjasama dengan salah seorang turis mancanegara yang memiliki bisnis resort di salah satu wilayah di Indonesia.” Ungkap Elsen, mahasiswa asal Yogyakarta yang kini tengah fokus mengembangkan bisnis batik dan fashion pewarna alam dengan nama brand, Svaloka.


Hal lain yang membuat Agrinex Expo kali ini begitu special ialah Indra C. Uno selaku ketua yayasan MRUF turut menjadi pembicara pada salah satu rangkaian talkshow yang mengangkat tema “Memperkuat Bonus Demografi”. Tidak hanya itu, turut hadir pula Mien R. Uno selaku dewan pembina MRUF, serta Sandiaga S. Uno selaku dewan penasihat MRUF guna memberikan dukungan moril kepada mahasiswa ENVOY sebagai peserta pameran.

Disela-sela kunjungannya ini, Sandiaga S. Uno mengungkapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para pelaku agri bisnis di Indonesia, karena sesungguhnya sektor agri bisnis merupakan sektor yang sangat potensial, namun belum dioptimalisasi dengan baik. Diharapkan, mahasiswa MRUF ENVOY sebagai salah satu ujung tombak wirausaha muda di Indonesia dapat melihat dan memaksimalkan peluang ini dengan sebaik-baiknya,
Oleh: Marcha Adiwara

Comments