Mien R. Uno Foundation Selenggarakan Pelatihan “Sales Booster”, Bekali 27 Mahasiswa MRUF ENVOY Strategi Meningkatkan Penjualan

Rangkaian pelatihan bisnis MRUF ENVOY VIII, kini memasuki babak akhir. Bertempat di wilayah Dago Pakar, Bandung, Mien R. Uno Foundation memfasilitasi mahasiswa ENVOY VIII pelatihan bisnis dengan tema “Growing My Business: Sales Booster”. Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 25 Februari 2017 hingga 4 Maret 2017, dan merupakan rangkaian pelatihan terakhir dari program MRUF ENVOY VIII.

Pelatihan ini diawali dengan aktivitas sales game yang diikuti sebanyak 27 mahasiswa. Pada sales game kali ini, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana masing-masing kelompok ditantang untuk melakukan penjualan dengan strategi dan cara yang mereka tentukan sendiri.

“Sales games ini seru banget. Walaupun capek, tapi kita jadi belajar bahwa bisnis itu perlu effort yang besar. Dan dari sales games ini aku jadi banyak belajar gimana caranya menyusun rencana penjualan, mencapai target penjualan, dan pastinya belajar team work juga.” Terang Nia Alprilia, pemilik bisnis tas kulit dengan nama brand 1Pipel asal regional Bandung ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi dalam kelas pada tanggal 27-28 Februari 2017. Disini, mahasiswa belajar tentang strategi penjualan dengan menggunakan tekni NLP dasar, cara meningkatkan penjualan dengan mengoptimalilsasikan penggunaan media sosial, serta tips dan trik untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, before maupun after sale.

Pelatihan ini dinilai sangat membantu mahasiswa dalam memahami karakteristik dari calon pembeli dengan mengaplikasikan teknik NLP dasar. Melalui teknik ini, mahasiswa akan dapat dengan mudah menentukan teknik penjualan yang tepat, efektif, dan efisien, serta mempermudah mereka untuk dapat closing dengan calon pelanggan. Tidak hanya itu, mahasiswa juga semakin memahami bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk keperluan bisnis mereka secara lebih optimal.

Sona Ardhyan, mahasiswa MRUF ENVOY asal Yogyakarta mengungkapkan “Training Sales Booster ini benar-benar insightful sekali untuk saya. Saya jadi sadar bahwa selama ini saya belum menerapkan apa yang seharusnya diterapkan untuk memaksimalkan penjualan, seperti melakukan promosi offline dengan cara yang cerdas ke calon pelanggan. Hingga memaksimalkan sosial media yang ada.” .

Kendati pelatihan kali ini merupakan yang terakhir dari rangkaian pelatihan program beasiswa MRUF ENVOY, namun setelahnya mahasiswa akan terus difasilitasi dengan kegiatan lain seperti business coaching, life coaching, pameran nasional dan lokal, serta mentoring bisnis hingga penghujung program, yang akan berakhir pada Agustus 2017 mendatang.
Oleh: Marcha Adiwara

Comments