Sejarah

 

logo mruf

 

Ketidakmerataan pembangunan diberbagai daerah di Indonesia, menyebabkan berbagai polepik dalam hal penyediaan akses, layanan, dan fasilitas bagi masyarakatnya. Ketimpangan yang terjadi disegala sektor kehidupan membuat kualitas pembangunan diberbagai daerah tidaklah sama, tak terkecuali dalam segi kualitas sumber daya manusia.

Hal inilah yang dirasakan oleh Razif H. Uno sejak beberapa tahun silam. Dirinya mengamati bahwa adanya perbedaan yang cukup signifikan pada kualitas sumber daya manusia Indonesia, dimana masyarakat kota, khususnya Jakarta, memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan masyarakat desa, khususnya di luar Pulau Jawa. Perbedaan ini tentunya bisa diminimalisir yaitu dengan penyediaan layanan pendidikan yang berkualitas di tiap-tiap daerah di Indonesia.

keluarga uno

Sadar akan pentingnya pendidikan yang berkualitas bagi sumber daya manusia Indonesia, khususnya generasi muda, Razif H. Uno bersama keluarganya memprakarsai sebuah yayasan yang diberi nama Mien R. Uno Foundation pada tahun 2000 silam. Nama Mien R. Uno Foundation sendiri terinspirasi dari nama istri beliau, Mien R. Uno, yang merupakan tokoh pendidikan, etika, dan pengembangan karakter di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Mien R. Uno Foundation memfokuskan diri pada upaya peningkatan kualitas generasi muda melalui pendidikan dan kewirausahaan. Hal ini didasarkan atas fakta semakin meningkatnya jumlah pengangguran usia produktif di Indonesia yang disebabkan oleh ledakan penduduk usia muda, serta minimnya lapangan pekerjaan yang ada. Jika terus dibiarkan, hal ini akan membawa dampak buruk bagi perekonomian negara dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itulah, Mien R. Uno Foundation percaya bahwa pendidikan kewirausahaan untuk generasi muda dapat menjadi solusi akan permasalahan tersebut. Melalui pendidikan kewairausahaan, akan lahir para pengusaha-pengusaha muda yang produktif dan mandiri, serta mampu membawa perubahan nyata untuk masyarakat sekitarnya

Mien R. Uno Foundation akan terus berkomitmen mendorong perkembangan kewirausahaan bagi generasi muda di Indonesia yang diwujudkan melalui program Entrepreneur Development Scholarship for Youth (ENVOY). Program ini diperuntukan bagi generasi muda yang berasal dari keluarga berpendapatan rendah, agar mereka bisa mengecap pendidikan tinggi sekaligus menjadi wirausaha sedini mungkin. Hingga kini, program ENVOY telah mencetak lebih dari 300 wirausaha muda yang mampu mandiri melalui unit usahanya.

 

Beri Mereka Ikan, mereka akan hidup sehari

Beri mereka kail, mereka akan hidup lebih lama

Beri mereka ilmu membuat kail, mereka akan menghidupi lebih banyak orang.