Perempuan Hebat, Perempuan Mandiri

PHPM 1Program ini merupakan inisiatif PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dalam upaya membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia. Inisiatif ini juga untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai literasi keuangan dan memperkuat posisi perempuan dalam perbaikan kesejahteraan keluarga melalui bisnis kuliner. Peran perempuan dalam keluarga dewasa ini sangat penting, bukan saja mengurus rumah tangga namun juga menjadi salah satu sumber bagi tambahan pendapatan bagi keluarga.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, sekitar 60 persen UMKM di Indonesia dimotori oleh kaum perempuan. Program ini juga untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam perekonomian, khususnya di sektor usaha kecil dan menengah (UMKM).

 

Pemilihan bisnis kuliner dalam program ini juga didasari oleh tingginya pertumbuhan bisnis di sektor tersebut. Dengan jumlah populasi yang terus bertambah dan daya beli konsumen yang semakin menguat, kuliner telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Setiap tahun, potensi bisnis ini semakin jumbo. Kementerian Pariwisata mencatat, pada tahun 2013 sektor kuliner memberikan kontribusi nilai tambah bruto sebesar Rp 208,6 triliun dengan rata-rata pertumbuhan 4,5% pada tahun 2012-2013.

 

MRUF sebagai pelaksana program akan menyasar remaja dan ibu rumah tangga yang ingin atau sudah memiliki usaha di bidang kuliner. Program ini dapat menampung 80 orang peserta dari Jabotabek.

 

Program “Perempuan Hebat, Perempuan Mandiri” terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama atau fase pelatihan dasar yakni para peserta akan mendapatkan pelatihan memasak dan pengetahuan bisnis.

 

Tahap kedua atau fase memulai bisnis yaitu peserta akan memulai bisnis mereka dengan modal usaha yang diberikan dalam bentuk peralatan memasak dan bahan baku. Pada fase ini juga akan dilakukan peningkatan pengetahuan dan kemampuan bisnis, para peserta akan mendapatkan pendidikan mengenai cara memasarkan produk hasil produksi dan pelatihan manajemen keuangan. Para peserta akan mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha kuliner.

 

Pada tahap ketiga atau fase pengembangan, peserta akan mendapatkan tambahan kredit dan pendampingan usaha sehingga usahanya dapat berkembang.

 

Melalui program ini diharapkan para peserta dapat menjalankan bisnisnya dengan baik. Tidak hanya menghasilkan produk yang berkualitas, tapi juga manajemen bisnis yang baik yang memungkinkan usaha mereka dapat berkembang dan bertahan lama.