Sosialisasi Program MRUF ENVOY dan Penandatanganan MOU dengan Universitas Pendidikan Indonesia

 

Jumat, 29 April 2017 – Mien R. Uno Foundation bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha MRUF ENVOY yang bertempat di Auditorium Lantai 6 FPEB UPI, Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Wilayah Bandung dan sekitarnya. Diawali dengan penandatanganan MOU antara Mien R. Uno Foundation dan Universitas Pendidikan Indonesia, kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama dalam rangka penyelenggaraan program beasiswa kewirausahaan mahasiswa MRUF ENVOY. Dalam penandatanganan MOU ini, pihak Mien R. Uno Foundation diwakili oleh Dr. Indra C. Uno, MBA selaku ketua yayasan, sementara pihak Universitas Pendidikan Indonesia diwakili oleh Prof. Didik Sukyadi, MA selaku wakil rektor bidang riset, kemitraan, dan usaha.

Penandatanganan MOU Mien R. Uno Foundation oleh Dr. Indra C. Uno, MBA (kanan) dan Universitas Pendidikan Indonesia oleh Prof. Didik Sukyadi, M.A (kiri)

Acara dilanjutkan dengan seminar oleh Dr. Indra C. Uno, MBA yang mengangkat tema “Menjadi Agen Perubahan Melalui Kewirausahaan”. Dalam seminar ini, Dr. Indra C. Uno mengungkapkan bahwa tingginya angka usia muda di Indonesia, ternyata tidak dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Hal ini menyebabkan berbagai masalah, salah satunya ialah masalah pengangguran. Oleh karenanya, penting untuk mendorong jumlah wirausaha di Indonesia agar bisa meminimalisir angka pengangguran, serta berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi negara. Lebih lanjut Dr. Indra C. Uno memaparkan bahwa saat ini, persentase wirausaha di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, jumlah wirausaha di Indonesia masih jauh tertinggal yakni hanya sekitar 1,56% dari total populasi. Padahal, untuk bisa memperbaiki tingkat perekonomian negara, angka wirausaha di Indonesia harus mencapai minimal 2% dari jumlah populasi yang ada. Atas alasan inilah, Mien R. Uno Foundation sebagai yayasan yang berfokus pada pengembangan wirausaha muda, terus berupaya melahirkan dan mengembangkan wirausaha muda dari kalangan terdidik, dalam hal ini mahasiswa, untuk dapat menjadi bagian dari perubahan bangsa kearah yang lebih maju.

Acara selanjutnya diisi dengan presentasi tentang Mien R. Uno Foundation yang dibawakan langsung oleh Suryani Indahsari selaku Direktur Eksekutif Mien R. Uno Foundation. Kemudian dilanjutkan dengan talkshow alumni MRUF ENVOY regional Bandung yang berasal dari berbagai angkatan yakni Wandy Rustandy (ENVOY IV), Irfan Firmansyah (ENVOY IV), Salman Alfarisy (ENVOY V), serta Nia Alprilia (ENVOY VIII). Dimoderatori oleh Ipah Rosipah (ENVOY VII), para alumni ini berbagi kisah dan pengalamannya selama menjalani program MRUF ENVOY. Tidak hanya itu, mereka juga turut menceritakan jatuh bangun dalam mengembangkan bisnis, serta tips dan trik untuk bisa menjadi wirausaha sedari mahasiswa.

Kegiatan ditutup dengan presentasi tentang beasiswa MRUF ENVOY, termasuk benefit yang akan didapatkan selama program, syarat dan ketentuan mengikuti seleksi, hingga mekanisme pendaftaran beasiswa MRUF ENVOY yang kini telah memasuki angkatan ke-9. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, informasi tentang beasiswa MRUF ENVOY dapat semakin meluas, sehingga semakin banyak lagi mahasiswa wirausaha yang dapat merasakan manfaat dari program ini.

Oleh: Marcha Adiwara Prawita

Comments

You may also like these posts
Kenali Bisnismu di Training 2 MRUF ENVOY VIIIMRUF ENVOY VIII Mengunjungi MPM Rent