Training 2 MRUF ENVOY IX (Knowing My Business: Business Model, Marketing, and Finance)

 

Belajar melakukan pengarsipan administrasi usaha, pencatatan keuangan, berdiskusi mengenai strategi branding produk-produk ternama, hingga melakukan market survey di Malioboro dan mengolahnya menjadi ide usaha, merupakan segelintir gambaran aktivitas yang dijalani oleh 23 mahasiswa ENVOY IX pada Training 2 tanggal 23-28 November 2017 lalu di Yogyakarta. Diisi oleh para trainer yang merupakan professional di bidangnya, Training 2 MRUF ENVOY IX padat dengan berbagai pengetahuan mengenai bisnis yang aplikatif sehingga dapat diterapkan langsung pada bisnis mahasiswa ENVOY IX.

Sesi Alumni Sharing bersama Alumni ENVOY

 

Sesi Administration Class bersama Ibu Uswatun Hasanah

Pada sesi Financial Training yang diisi oleh Bapak Candra Wijayangka, mahasiswa ENVOY IX belajar mengenai logika keuangan dalam usaha dan praktik langsung melakukan rekap keuangan usaha mereka. Melalui praktik langsung ini, mahasiswa ENVOY IX pun belajar mengenai analisis kelayakan usaha (feasibility study) yang berguna dalam mengukur kelayakan bisnisnya masing-masing.
Setelah membahas mengenai keuangan dengan Bapak Candra, mahasiswa ENVOY IX mendapat kelas mengenai Marketing dan Branding oleh Bapak Chris Oey. Metode penyampaian materi yang dua arah mendorong setiap mahasiswa untuk aktif berdiskusi dan menyampaikan gagasannya. Adapun sesi kelas ini secara umum mengajak mahasiswa ENVOY IX untuk lebih memahami segementasi produk dan pasar mereka.

 

 

Sesi Training terakhir diisi oleh Ibu Estethika Wulandari dengan materi Business Model & Marketing Training. Setelah mendapatkan insights dari kelas Bapak Chris Oey, mahasiswa ENVOY IX ditantang untuk menguji logika berpikir mereka dengan melakukan market survey di Jalan Malioboro. Data market survey tersebut kemudian mereka olah menjadi ide usaha dan kemudian dipresentasikan di depan Ibu Estethika Wulandari (Trainer), Cindy Dayana (Program Manager), M.A Ghuffron Ali Musmar (ENVOY VI) dan Shofa Taftazanie (ENVOY VII).
Pada Training 2 ini, mahasiswa ENVOY IX juga melakukan kunjungan bisnis (company visit) ke Bakpiapia (food & beverages) dan Naidu Clothing (fashion)—bisnis clothing mahasiswa ENVOY angkatan V. Kunjungan bisnis pada Training 2 bertujuan supaya mahasiswa ENVOY IX mendapatkan insights bisnis dari pengalaman yang telah dilalui oleh kedua jenis usaha tersebut sehingga dapat diterapkan pada bisnis masing-masing mahasiswa ENVOY IX.

 

Sama halnya dengan Training 1, agenda yang juga ada pada Training 2 adalah Key Performance Indicator (KPI). Mahasiswa ENVOY IX satu per satu maju dan mempresentasikan mengenai pencapaian KPI di Kuartal 1 (September-November) dan memasang target pencapaian baru untuk Kuartal 2 (Desember-Februari). Adapun sesi KPI ini bertujuan supaya terdapat eskalasi yang konstan pada bisnis mahasiswa ENVOY IX sesuai dengan tujuan utama MRUF dalam mencetak pengusaha muda Indonesia yang mandiri dan berkesinambungan. (DS)
“Sukses selaluuuuuu ENVOY9!!!! Thx u officer2 MRUF yang the bestt!!! Acara training yang sangat sangat menyenangkan, materi sangat mendukung bisnis, fasilitas memadai.” – Suad Qurratul, pemilik bisnis Scrap Factory